Perkembangan Islam Moderat Di Indonesia Dalam Perspektif Pendidikan Moderasi Beragama
DOI:
https://doi.org/10.62083/w9wxxv67Keywords:
Islam Moderat, Pendidikan, Moderasi AgamaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan Islam Moderat Di Indonesia dalam perspektif pendidikan moderasi beragama. Dalam konteks Bangsa Indonesia yang plural, penguatan moderasi beragama dalam pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan strategis, baik pada lingkungan keluarga maupun di luar keluarga, yaitu dalam lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat, untuk melahirkan generasi muslim yang moderat. Data yang dianalisis dalam penelitian ini dengan metode kajian pustaka, dari sumber data berupa buku-buku, jurnal-jurnal yang berkaitan, maupun artikel-artikel yang terbit di jurnal nasional, menunjukkan bahwa penerapan pilar–pilar moderasi beragama, yaitu (1) adanya sikap komitmen kebangsaan, (2) adanya sikap toleransi, (3) adanya sikap anti kekerasan, serta (4) adanya sikap akomodatif terhadap nilai–nilai budaya lokal, sangat sesuai dan sejalan dengan prinsip–prinsip dan ruh yang dipraktikan dalam Islam Moderat, yaitu prinsip tawassuth (mengambil jalan tengah), i’tidal (bersikap objektif dan adil), tasamuh (toleran), musyawarah, ishlah (menjaga kebaikan dan kedamaian), qudwah (kepeloporan peran dalam memimpin), muwathohah (cinta tanah air), dan tawazun (berkeseimbangan). Dalam perspektif ini maka perkembangan penerapan nilai–nilai Islam Moderat Di Indonesia sangat dipengaruhi oleh keberhasilan penguatan pelaksanaan pendidikan moderasi beragama Di Indonesia.
Abstract
The purpose of this study is to determine the development of Moderate Islam in Indonesia from the perspective of religious moderation education. In the context of the pluralistic Indonesian nation, strengthening religious moderation in education is very important and strategic, both in the family environment and outside the family, namely in the home, school, and community environments, to produce a generation of moderate Muslims. The data analyzed in this study using the literature review method, from data sources in the form of books, related journals, and articles published in national journals, show that the application of the pillars of religious moderation, namely (1) the existence of an attitude of national commitment, (2) the existence of an attitude of tolerance, (3) the existence of an anti-violence attitude, and (4) the existence of an accommodating attitude towards local cultural values, is very appropriate and in line with the principles and spirit practiced in Moderate Islam, namely the principle of tawassuth (taking the middle path), i'tidal (being objective and fair), tasamuh (tolerant), deliberation, ishlah (maintaining goodness and peace), qudwah (pioneering role in leadership), muwathohah (love of the homeland), and tawazun (balanced). In this perspective, the development of the application of the values of Moderate Islam in Indonesia is greatly influenced by the success of strengthening the implementation of religious moderation education in Indonesia.
References
Faqihuddin, A. (2021). Islam Moderate in Indonesia. Al-Risalah, 12(1), 107–118. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i1.1238
Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7, 111–123.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Panduan Penguatan Pendidikan Karakter. (2019).
Liando, M. R., & Hadirman. (2022). Praktik Kultur Moderasi Beragama dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi di SMA Muhammadiyah Manado). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 379–392. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2089
Mubarok, A. A., & Rustam, D. G. (2019). Islam Nusantara: Moderasi Islam Di Indonesia. Journal of Islamic Studies and Humanities, 3(2), 153–168. https://doi.org/10.21580/jish.32.3160
Faqihuddin, A. (2021). Islam Moderate in Indonesia. Al-Risalah, 12(1), 107–118. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i1.1238
Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7, 111–123.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Panduan Penguatan Pendidikan Karakter. (2019).
Liando, M. R., & Hadirman. (2022). Praktik Kultur Moderasi Beragama dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi di SMA Muhammadiyah Manado). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 379–392. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2089
Mubarok, A. A., & Rustam, D. G. (2019). Islam Nusantara: Moderasi Islam Di Indonesia. Journal of Islamic Studies and Humanities, 3(2), 153–168. https://doi.org/10.21580/jish.32.3160
Mukhibat, M. (n.d.). Moderasi Beragama Di Madrasah, "Al - Tahrir : Jurnal Pemikiran Islam 22, no. 1 (2022): 95 -118, https://doi.org/10.21154/altahrir.v22i1.3806
Mukhibat, M., Nurhidayati Istiqomah, A., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133
Najmi, H. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama dan Implikasinya terhadap Sikap Sosial Peserta Didik. 9(1), 17–25. https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2067
Novianto, B. (2021). Moderasi Islam di Indonesia Perspektif Peradaban Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 86–102.
Sanusi, S. (2022). Revitalisasi Nilai Kearaifan Lokal Ajaran Sunan Kudus Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 48. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i1.10105
Seminar Munas Majelis Tarjih, Pimpinan Muhamadiyah. (2020). Muhammadiyah dan Moderasi Beragama, Perspektif Islam Berkemajuan. Seminar Munas Majelis Tarjih website: https://repositori.kemdikbud.go.id/30124/1/Penguatan Pendidikan Karakter.Pdf
Serevinna Dewita. (2023). Moderasi Beragama Menjadi Kunci Menangkal Gelombang Ekstremisme.
Suryadi, R. A., Beragama, M., Islam, P. A., Pembelajaran, I., Islam, P., & Moderat, S. (2022). TAKLIM : Jurnal Pendidikan Agama Islam Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama. 20(1), 1–12.
UIN Sunan Gunung Djati. (2023). Pentingnya Pendidikan Moderasi Beragama. Retrieved from UIN SUNAN GUGUNG DJATI website: https://uinsgd.ac.id/pentingnya-pendidikan-moderasi-beragama/
Wahid, A. (2024). Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam: Implementasi dalam Pendidikan Multikultural di Indonesia. Scholars, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2367
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zahrotul Hayati, Irfan Fadholi Putra, Milana Abdillah Subarkah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
						


